cara meningkatkan performa motor new vixion
CARA MENINGKATKAN PERFORMA MOTOR NEW VIXION
Disusun oleh:
HARYONO (14.02.8870)
14-D3-MI-04
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2015
1.ABSTRAK
Perkembangan
industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap
tahunnya, seiring dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat akan sarana
transportasi yang memadai. Hal ini dipicu oleh perkembangan jaman yang menuntut
manusia untuk bisa bergerak lebih mudah dalam mencapai tujuan dalam aktivitas
kesehariannya. Kondisi pada saat ini jumlah transportasi publik sangat tidak
mencukupi kebutuhan masyarakat dan beberapa faktor lainnya seperti minimnya
keamanan, tidak tepat waktu, tidak laik pakai serta kurangnya kenyamanan
angkutan publik tersebut. Hal ini mendorong masyarakat untuk membeli dan
menggunakan alat transportasi pribadi ketimbang menggunakan jasa angkutan umum.
Motor
vixion merupakan produk dari Yamaha yang banyak digemari pengendara sepeda
motor terutama pada kalangan anak muda. Banyak orang menilai jika motor ini
memiliki ke istimewaan performa dan tarikanya yang kencang. Dengan menggunakan
mesin dengan daya 150cc,14,5 Nm pada 7.500 rpm, diklaim mampu berlali sampai
kecepatan 131km/jam,menggunakan mesin DOHC. Tampilan dan body yang dimiliki
Yamaha vixion memang menarik dan sangat
besar tetapi hal ini tidak mengurangi kecepatan saat dijalankan di Indonesia
sendiri komunitas
otomotif sepeda motor besar
menilai jika motor vixion merupakan salah satu kendaraan yang banyak disukai
dan diminati pengguna motor Yamaha ini sangat meningkat pertahunya.
Yamaha
masih menjadi raja di segmen ini dengan penjualan total mencapai
134.042 unit sepanjang kuartal pertama 2013. Dengan
mengandalkan Yamaha
New V-Ixion, pabrikan berlambang garpu tala ini
masih masih dominan bila
dibandingkan dengan motor sport lainnya. Yang
menarik, penjualan V-Ixion lama
tetap bergairah meski pasarnya kian mengecil. Bahkan
V-Ixion lama ini ada
diperingkat ketiga dengan total penjualan selama
tiga bulan mencapai 31.108 unit.
Sementara Yamaha Byson berada di peringkat kelima
dengan total jumlah
penjualan sebanyak 21.158.2
2.ISI
Pertumbuhan
kendaraan roda begitu pesat di Indonesia. Dan salah satu peluang yang
menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan dari pertumbuhan ini adalah
membuka bisnis bengkel motor dengan dilengkapi toko
sparepart dan aksesoris motor.
Ini
adalah pengembangan terbaru khusus untuk motor Injection yang dikembangkan oleh
XP Ignition, dinamakan Modul Pengapian karena menjaga tegangan konstan 350 Volt
DC dengan system perintah dari ECU motor.
Penggunaan modul pengapian IM-8 Andrion di motor menjadikan motor sangat responsif, motor tidak perlu mencapai RPM tinggi sudah mendapatkan kecepatan dan juga penggunaan modul ini memungkinkan motor untuk mengganti dengan Koil system CDI seperti Koil XP dll yang selama ini tidak bisa diterapkan di motor-motor injection dikarenakan motor injection menggunakan system TCI.
IM-8 Andrion Series
High Performance Ignition Electronic Module for Injection.
Profil Alat
Andrion IM-8 adalah Modul Pengapian Electronik untuk motor injection yang menggunakan sistem pengapian Single Coil / satu (1) koil yang dilengkapi dengan signal IGF untuk menjalankan fuel pump pada motor injection.
Andrion IM-8 dirancang khusus oleh PT. Cahaya Berkat Teknologi untuk memaksimalkan pengapian pada Motor Injection dengan menjaga output voltage 350 volt Dc hingga putaran maksimal yang diperintahkan oleh ECM pada motor Injection dimana bila tanpa modul pengapian pada RPM tinggi pengapian akan mengecil.
Dengan menggunakan Andrion IM-8 motor akan mendapatkan bandwith power yang sangat luas.
Andrion IM-8 sangat cocok untuk digunakan harian, drag bike , maupun road race.
Keunggulan Teknologi Andrion IM-8
* Meningkatkan Akselerasi
Kendaraan dengan menggunakan Andrion IM-8 pengapian menjadi lebih besar ± 80.000 Volt sedangkan dengan metode konvensional (tanpa Andrion IM-8 ) hanya 12.000 s/d 15.000 Volt sehingga pembakaran akan lebih sempurna
* Menghemat BBM
Kendaraan dengan pengapian Andrion IM-8 dapat meminimalisasi fluktuasi atau memaksimalkan ketepatan sistem pengapian, sehingga dapat mengefisienkan bahan bakar 15% s/d 25 % pada kecepatan konstan 60 km/jam atau lebih
* Pengapian Stabil
Pengapian dengan Andrion IM-8 tetap stabil pada putaran mesin diatas 3000 s/d maksimum Limiter RPM, sedangkan dengan metode konvensional pengapian akan mengecil
* Mudah distater
Karena dengan menggunakan Andrion IM-8 tegangan yang dihasilkan oleh coil lebih besar, sehingga mudah distater meskipun mesin dalam keadaan dingin sekalipun, sehingga dapat memperpanjang usia dynamo stater dan aki/batttery
* Coil tidak panas dan awet
Karena Coil dialiri pulsa bukan arus seperti pada pengapian konvensional, maka Coil tidak akan panas
* Busi tahan lama
Dengan Andrion IM-8 tidak terjadi penumpukan partikel pada ujung katode maupun anode busi, sehingga busi lebih tahan lama (awet)
* Pengganti CDI / FTI
Andrion IM-8 dapat menggantikan kerja CDI/FTI dengan lebih baik, sehingga CDI/FTI tidak panas dan dapat lebih tahan lama (awet) system Andrion IM-8 merupakan system pengapian Bi-polar sehingga dapat dirubah system nya menjadi CDI or TCI sesuai kebutuhan
* Mengurangi Polusi
Andrion IM-8 memperkecil kadar CO pada sisa
pembakaran (gas buang) sampai 50 %
* Garansi 1 Tahun Penuh
Andrion IM-8 di garansi selama 1 tahun penuh sejak tanggal pemasangan (yang disebabkan kesalahan alat/komponen)
Semua Andrion IM-8 dirancang khusus menggunakan Toroid dengan kapasitas besar dan telah melalui Quality Control dengan metode ”life test” selama 4 jam dengan putaran 10.000 RPM
Instalasi IM-8 Andrion
Andrion IM-8 terdapat 4 (empat warna kabel) :
1. Merah : hubungkan ke +12 Volt di modul Andrion IM-8 ( 2 kabel merah bercabang)
2. Kuning : hubungkan ke coil di modul Andrion IM-8
3. Biru : Hubungkan ke +P di modul Andrion IM-8
4. Hitam : Massa hubungkan ke ground di modul Andrion IM-8
Cara pemasangan Modul IM-8 di Yamaha Vixion dengan Koil original (Koil System TCI)
Di Koil (+)
-Lepas kabel socket warna Merah/putih dari koil (+) hubungkan dengan kabel warna merah dari modul, lalu hubungkan pin Koil (+) dengan kabel merah dari modul.
Di koil (-)
- lepas kabel socket warna orange dari pin Koil (-) lalu hubungkan dengan kabel warna biru dari modul ,
- tancapkan kabel warna kuning dari modul ke pin Koil (-) motor
Di Accu
- Hubungkan kabel warna Hitam dari Modul ke accu (-) negatif
Start mesin
- Putar stop kontak motor dan start motor
Cara pemasangan Yamaha Vixion dengan
Koil XP Andrion CMC 2 A (Koil system CDI)
1. Pasang Koil XP Andrion di dudukan Koil di motor
Di Koil XP Andrion CMC 2 A
- Tancapkan kabel warna kuning dari modul ke pin Koil XP Andrion CMC 2 A
- Hubungkan kabel socket Orange dari motor ke pin kabel warna biru dari modul
- Hubungkan kabel merah/putih dengan socket kabel warna merah dari modul
Di Accu
- Hubungkan kabel warna Hitam dari Modul ke accu (-) negatif
Start mesin
- Putar stop kontak motor dan start motor
Tips
Untuk mendapatkan hasil maksimum :
1. Renggangkan jarak elektroda busi menjadi 1 mm – 1.2 mm
2. Gunakan kabel busi dengan kualitas yang baik
3. Gunakan Koil XP Andrion CMC 2 A untuk hasil yang lebih maksimal
3. Andrion IM-8 dirancang dan dapat digunakan untuk
kompresi mesin maksimum 16:1 (High Compression)[/spoiler]
Applicable for :
- Yamaha VIXION
- Honda Supra X 125 PGM FI
- Shogun 125 FI
- Honda PCX 125 injection
Info Price : Rp 800.000
Garansi 1 tahun penuh
dan garansi motor pasti kencang dan hemat BBM buktikkan
Oh ya tips meningkatkan kecrotan bensin di injection untuk Vixion terutama di gigi 4 dan 5 karena Vixion membaca untuk kecrotan bensin ke mesin melalui pembacaan dari MAP maka ini ada beberapa cara
1. Merubah ratio gear ratio menjadi kombinasi 15/43 or 15/44 supaya mesin mudah teriak ke RPM atas sehingga isapan mesin seolah2 tinggi yang dibaca oleh MAP
prinsip MAP membaca RPM 1500 kira2 1.5 volt perintah ke ECM nya
maksimal 5 volt itu pun tidak terjadi di RPM maks Vxion (makanya kecrotan bensinnya belum maks)
malah di RPM 8000 cuman 3 volt..
2. Menggunakan Piggy Back untuk mengakali MAP nya
3. Menyetel CO biasanya sampe +15
kalo untuk dipake harian, gak usah sampe setting sejauh itu kecuali bener2 dipakai untuk balap baru deh
segitu dulu untuk tips nya
Penggunaan modul pengapian IM-8 Andrion di motor menjadikan motor sangat responsif, motor tidak perlu mencapai RPM tinggi sudah mendapatkan kecepatan dan juga penggunaan modul ini memungkinkan motor untuk mengganti dengan Koil system CDI seperti Koil XP dll yang selama ini tidak bisa diterapkan di motor-motor injection dikarenakan motor injection menggunakan system TCI.
IM-8 Andrion Series
High Performance Ignition Electronic Module for Injection.
Profil Alat
Andrion IM-8 adalah Modul Pengapian Electronik untuk motor injection yang menggunakan sistem pengapian Single Coil / satu (1) koil yang dilengkapi dengan signal IGF untuk menjalankan fuel pump pada motor injection.
Andrion IM-8 dirancang khusus oleh PT. Cahaya Berkat Teknologi untuk memaksimalkan pengapian pada Motor Injection dengan menjaga output voltage 350 volt Dc hingga putaran maksimal yang diperintahkan oleh ECM pada motor Injection dimana bila tanpa modul pengapian pada RPM tinggi pengapian akan mengecil.
Dengan menggunakan Andrion IM-8 motor akan mendapatkan bandwith power yang sangat luas.
Andrion IM-8 sangat cocok untuk digunakan harian, drag bike , maupun road race.
Keunggulan Teknologi Andrion IM-8
* Meningkatkan Akselerasi
Kendaraan dengan menggunakan Andrion IM-8 pengapian menjadi lebih besar ± 80.000 Volt sedangkan dengan metode konvensional (tanpa Andrion IM-8 ) hanya 12.000 s/d 15.000 Volt sehingga pembakaran akan lebih sempurna
* Menghemat BBM
Kendaraan dengan pengapian Andrion IM-8 dapat meminimalisasi fluktuasi atau memaksimalkan ketepatan sistem pengapian, sehingga dapat mengefisienkan bahan bakar 15% s/d 25 % pada kecepatan konstan 60 km/jam atau lebih
* Pengapian Stabil
Pengapian dengan Andrion IM-8 tetap stabil pada putaran mesin diatas 3000 s/d maksimum Limiter RPM, sedangkan dengan metode konvensional pengapian akan mengecil
* Mudah distater
Karena dengan menggunakan Andrion IM-8 tegangan yang dihasilkan oleh coil lebih besar, sehingga mudah distater meskipun mesin dalam keadaan dingin sekalipun, sehingga dapat memperpanjang usia dynamo stater dan aki/batttery
* Coil tidak panas dan awet
Karena Coil dialiri pulsa bukan arus seperti pada pengapian konvensional, maka Coil tidak akan panas
* Busi tahan lama
Dengan Andrion IM-8 tidak terjadi penumpukan partikel pada ujung katode maupun anode busi, sehingga busi lebih tahan lama (awet)
* Pengganti CDI / FTI
Andrion IM-8 dapat menggantikan kerja CDI/FTI dengan lebih baik, sehingga CDI/FTI tidak panas dan dapat lebih tahan lama (awet) system Andrion IM-8 merupakan system pengapian Bi-polar sehingga dapat dirubah system nya menjadi CDI or TCI sesuai kebutuhan
* Mengurangi Polusi
Andrion IM-8 memperkecil kadar CO pada sisa
pembakaran (gas buang) sampai 50 %
* Garansi 1 Tahun Penuh
Andrion IM-8 di garansi selama 1 tahun penuh sejak tanggal pemasangan (yang disebabkan kesalahan alat/komponen)
Semua Andrion IM-8 dirancang khusus menggunakan Toroid dengan kapasitas besar dan telah melalui Quality Control dengan metode ”life test” selama 4 jam dengan putaran 10.000 RPM
Instalasi IM-8 Andrion
Andrion IM-8 terdapat 4 (empat warna kabel) :
1. Merah : hubungkan ke +12 Volt di modul Andrion IM-8 ( 2 kabel merah bercabang)
2. Kuning : hubungkan ke coil di modul Andrion IM-8
3. Biru : Hubungkan ke +P di modul Andrion IM-8
4. Hitam : Massa hubungkan ke ground di modul Andrion IM-8
Cara pemasangan Modul IM-8 di Yamaha Vixion dengan Koil original (Koil System TCI)
Di Koil (+)
-Lepas kabel socket warna Merah/putih dari koil (+) hubungkan dengan kabel warna merah dari modul, lalu hubungkan pin Koil (+) dengan kabel merah dari modul.
Di koil (-)
- lepas kabel socket warna orange dari pin Koil (-) lalu hubungkan dengan kabel warna biru dari modul ,
- tancapkan kabel warna kuning dari modul ke pin Koil (-) motor
Di Accu
- Hubungkan kabel warna Hitam dari Modul ke accu (-) negatif
Start mesin
- Putar stop kontak motor dan start motor
Cara pemasangan Yamaha Vixion dengan
Koil XP Andrion CMC 2 A (Koil system CDI)
1. Pasang Koil XP Andrion di dudukan Koil di motor
Di Koil XP Andrion CMC 2 A
- Tancapkan kabel warna kuning dari modul ke pin Koil XP Andrion CMC 2 A
- Hubungkan kabel socket Orange dari motor ke pin kabel warna biru dari modul
- Hubungkan kabel merah/putih dengan socket kabel warna merah dari modul
Di Accu
- Hubungkan kabel warna Hitam dari Modul ke accu (-) negatif
Start mesin
- Putar stop kontak motor dan start motor
Tips
Untuk mendapatkan hasil maksimum :
1. Renggangkan jarak elektroda busi menjadi 1 mm – 1.2 mm
2. Gunakan kabel busi dengan kualitas yang baik
3. Gunakan Koil XP Andrion CMC 2 A untuk hasil yang lebih maksimal
3. Andrion IM-8 dirancang dan dapat digunakan untuk
kompresi mesin maksimum 16:1 (High Compression)[/spoiler]
Applicable for :
- Yamaha VIXION
- Honda Supra X 125 PGM FI
- Shogun 125 FI
- Honda PCX 125 injection
Info Price : Rp 800.000
Garansi 1 tahun penuh
dan garansi motor pasti kencang dan hemat BBM buktikkan
Oh ya tips meningkatkan kecrotan bensin di injection untuk Vixion terutama di gigi 4 dan 5 karena Vixion membaca untuk kecrotan bensin ke mesin melalui pembacaan dari MAP maka ini ada beberapa cara
1. Merubah ratio gear ratio menjadi kombinasi 15/43 or 15/44 supaya mesin mudah teriak ke RPM atas sehingga isapan mesin seolah2 tinggi yang dibaca oleh MAP
prinsip MAP membaca RPM 1500 kira2 1.5 volt perintah ke ECM nya
maksimal 5 volt itu pun tidak terjadi di RPM maks Vxion (makanya kecrotan bensinnya belum maks)
malah di RPM 8000 cuman 3 volt..
2. Menggunakan Piggy Back untuk mengakali MAP nya
3. Menyetel CO biasanya sampe +15
kalo untuk dipake harian, gak usah sampe setting sejauh itu kecuali bener2 dipakai untuk balap baru deh
segitu dulu untuk tips nya
3.REFERENSI
joss mas broo
BalasHapus